Perencanaan Arsitektur Bangunan

Perencanaan Arsitektur Bangunan

Sebuah bangunan adalah bentuk pencerminan dari berbagai aspek pengguna bangunan. Sejatinya bangunan yang baik adalah bangunan yang sesuai dengan penggunanya, baik dari segi penampilan maupun fungsi. Dari segi penampilan tentu estetika harus diperhatikan mulai dari proporsi, komposisi, unity, balance, dan berbagai aspek estetika yang dapat menambah nilai. Dari segi fungsi, tata ruang sangat menentukan baik dari pola hubungan ruang, dimensi, pencahayaan, penghawaan, dan lain-lain.

Sebuah bangunan tidak dapat terpisahkan dengan lingkungan sekitar. Bangunan akan memberikan efek sekaligus menerima efek dari lingkungan, baik efek secara fisik maupun psikologis. Contoh yang paling mudah adalah, bangunan akan mengurangi lahan resapan air, yang tentu akan merubah ekosistem. Dengan fakta tersebut, perencanaan bangunan harus dapat meminimalisir kerugian ekosistem lingkungan. Begitu juga sebaliknya, ketika lingkungan memberikan dampak buruk terhadap bangunan. Contoh yang mudah adalah lingkungan dengan kondisi khusus, seperti rawa. Dalam kasus seperti ini, perencanaan bangunan harus dapat menyelaraskan kerugian yang akan diterima bangunan dan penggunanya dari efek negatif lingkungan.

Perencanaan arsitektur bangunan sangat penting mengingat sebuah bangunan memerlukan biaya yang besar dalam pewujudannya. Perencanaan yang salah, atau bahkan tanpa adanya perencanaan, akan beresiko pada hasil akhir yang terkadang harus memerlukan perbaikan dengan biaya yang cukup besar. Pada intinya, perencanaan arsitektur bangunan akan lebih menghemat biaya.

Tidak ada page dalam kategori ini.

  RANCANG BANGUN PARAMA
T: +6282136828674
rancangbangunparama@gmail.com

Kontak :
Alamat : Jl Lingkar Utara Maguwoharjo Depok Sleman DIY
Phone : +6282136828674
Email : rancangbangunparama@gmail.com

Rancang Bangun Parama © 2017. Web by . All Rights Reserved